UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
TUGAS INDIVIDU
BAB I
EVALUASI PENDIDIKAN
DOSEN : DR. H. SUTIRNA, M.Pd
NAMA : RAHMAT HIDAYAT
NPM : 1610632110022
SEMESTER : 2 ( 2017/2018 )
JENJANG : MAGISTER ( S2 )
PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SOAL 1
Jika hasil
pengukuran bersifat kuantitatif dan hasil penilaian bersifat kualitatif, angka
dalam raport yang diperoleh setiap peserta didik itu merupakan hasil pengukuran
atau hasil penilaian ? jika merupakan hasil pengukuran , lalu kapankah peserta
didik itu dinilai ? jika merupakan hasil penilaian mengapa berupa angka-angka
kualitatif ?
JAWAB
A.
Angka
dalam raport yang diperoleh peserta didik adalah merupakan hasil dari
pengukuran karena pengukuran itu terbagi menjadi 3 macam yaitu :
a.
Pengukuran
yang dilakukan bukan untuk menguji sesuatu. Contoh penjahit mengukur baju
konsumennya M,L,XL dll
b.
Pengukuran
yang dilakukan untuk menguji sesuatu. Contoh mengukur daya tahan lampu, mesin
AC dll
c.
Pengukuran
untuk menilai yang dilakukan dengan jalan menguji sesuatu. Contoh mengukur
kemajuan belajar peserta didik dalam rangka mengisi nilai raport yang dilakukan
untuk menguji mereka dalam bentuk tes hasil belajar.
B.
Pelaksanaan
penilaian itu dilaksanakan berdasar 2 golongan
a.
Evaluasi
formatif adalah evaluasi yang dilaksanakan ditengah-tengah pada saat
berlangsungnya proses pembelajaran .
b.
Evaluasi
sumatif adalah evaluasi yang dilaksanakan setelah sekumpulan program
pembelajaran selesai diberikan ( berakhir) dalam arti seluruh unit pelajaran
selesai diajarkan
1
SOAL
2
Bagaimanakah
hubungan antara tujuan pendidikan, proses pembelajaran dengan prosedur evaluasi
? dapatkah salah satunya ditinggalkan atau berdiri sendiri dalam proses
pembelajaran dan mengapa evaluasi perlu dilaksanakan dalam proses pendidikan ?
JAWAB
A.
Baik
tujuan pendidikan, proses pembelajaran dengan prosedur evaluasi, semuanya tidak
dapat ditinggalkan salah satunya karena saling keterkaitan. Selain itu dalam
proses penilaian perlu dilakukan perbandingan antara informasi-informasi yang
telah berhasil dihimpun dengan kriteria tertentu, untuk kemudian diambil
keputusan atau dirumuskan kebijakan tertentu, Kriteria atau tolak ukur yang
dipegangi tidak lain adalah tujuan yang sudah ditentukan terlebih dahulu
sebelum kegiatan pendidikan itu dilaksanakan. Tujuan pendidikan yang telah
ditentukan adalah sebagai hasil dari FEED BACK beberapa proses pembelajaran dan
prosedur evaluasi dengan tujuan dan sasaran dalam menyempurnakan program
pendidikan itu sendiri.
B.
Evaluasi
perlu dilaksanakan dalam proses pendidikan dengan 3 alasan
1.
Evaluasi
pendidikan yang dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan kebutuhan
psikologis peserta didik.
2.
Evaluasi
pendidikan yang dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan- kebutuhan
didaktik.
3.
Evaluasi
pendidikan yang dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan kebutuhan
administrative baik lingkungan internal maupun eksternal.
2
SOAL 3
Jika
dilihat proses dan langkahnya penilaian atau evaluasi mirip dengan penelitian.
Apakah diantaranya memiliki perbedaan yang prinsip, jika ada coba jelaskan ?
JAWAB
Sekalipun
antara penilaian dan penelitian terdapat kesamaan yaitu dari segi tahapan atau
langkah-langkah pelaksanaannya, yaitu diawali dengan perencanaan, pengumpulan
data, pengolahan, analisis dan interpretasi namun keduanya ada perbedaan yang
bersifat mendasar yaitu :
1.
Dasar berpijaknya
Penilaian :
Senantiasa
mendasarkan diri pada suatu kriteria ( tolak ukur )
Penelitian :
belum tentu
mendasarkan diri pada kriteria
2.
Tujuannya
Penilaian :
Bukan untuk
menemukan dalil atau teori atau menarik kesimpulan melainkan untuk menentukan
nilai dari sesuatu atas dasar kriteria ( tolak ukur ) yang telah ditentukan.
Penelitian :
untuk menemukan dalil atau teori atau menarik kesimpulan yang
berlaku umum.
3.
Temanya
Penilaian :
Melakukan
pengukuran untuk memperoleh data yang akan dibandingkan dengan kriteria yang
ada, memberikan ainterpretasi terhadap data hasil pengukuran, menentukan
pendapat dan mengambilkeputusan. Orientasinya adalah Decision Oriented.
Penelitian :
Pengukurannya
untuk menemukan dalil atau memberikan interpretasi dan menarik hasil penelitian
dan membuat prediksi ( jauh lebih kepada penyimpulan )
3
SOAL 4
Jelaskan
fungsi dan kegunaan evaluasi bagi peserta didik, guru, sekolah dan masyarakat “
konsumen “ pendidikan
JAWAB
1.
Bagi Peserta Didik
Secara didaktik
evaluasi pendidikan akan dapat memberikan dorongan ( motivasi ) kepada mereka
untuk dapat memperbaiki, meningkatkan, dan mempertahankan prestasinya pada
masa-masa yang akan datang. Jika nilai hasil pretasinya rendah maka siswa
terdorong untuk memperbaikinya. Selain itu evaluasi pendidikan secara
psikologis akan memberikan pedoman bathin kepada mereka untuk mengenal
kapasitas dan status dirinya masing- masing ditengah-tengah kelasnya.
2.
Bagi Pendidik ( Guru )
Evaluasi
pendidikan akan memberikan kepastian atau ketetapan hati kepada diri pendidik tersebut, sudah
sejauh manakah kiranya usaha yang telah dilakukan selama ini membawa hasil atau
tidak. Sehingga ia secara psikologis memiliki pedoman atau pegangan batin yang
pasti guna menentukan langkah-langkah apa saja yang dipandang perlu dilakukan
selanjutnya. Misalnya dengan metode- metode tertentu hasil belajar siswa
menunjukkan peningkatan daya serap atau sebaliknya. Apabila hasil-hasil belajar
siswa ternyata tidak menggembirakan maka pendidik berusaha untuk diadakan
perbaikan-perbaikan hingga hasil belajar siswa menjadi lebih baik.
3.
Bagi Sekolah dan Masyarakat
Dengan
melakukan evaluasi akan dapat disusun dan disajikan laporan mengenai kemajuan
dan perkembangan peserta didik setelah mereka mengikuti proses pembelajaran
dalam jangka waktu tertentu. Kemudian sekolah dan masyarakat akan dapat
memberikan bahan-bahan keterangan (data) yang sangat penting untuk keperluan
pengambilan keputusan pendidikan dan lembaga pendidikan . Selain itu akan dapat
dijadikan gambaran mengenai hasil hasil yang telah dicapai dalam proses
pembelajaran.
4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar