Selasa, 14 November 2017

Tugas Evaluasi Pendidikan S2

UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
TUGAS INDIVIDU
BAB I  
EVALUASI PENDIDIKAN

DOSEN                  : DR. H. SUTIRNA, M.Pd
NAMA                    : RAHMAT HIDAYAT
NPM                      : 1610632110022
SEMESTER           : 2 ( 2017/2018 )
JENJANG              : MAGISTER ( S2 )
PROGRAM STUDI  : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM



SOAL 1         

Jika hasil pengukuran bersifat kuantitatif dan hasil penilaian bersifat kualitatif, angka dalam raport yang diperoleh setiap peserta didik itu merupakan hasil pengukuran atau hasil penilaian ? jika merupakan hasil pengukuran , lalu kapankah peserta didik itu dinilai ? jika merupakan hasil penilaian mengapa berupa angka-angka kualitatif ?

JAWAB        

A.                Angka dalam raport yang diperoleh peserta didik adalah merupakan hasil dari pengukuran karena pengukuran itu terbagi menjadi 3 macam yaitu :
a.       Pengukuran yang dilakukan bukan untuk menguji sesuatu. Contoh penjahit mengukur baju konsumennya M,L,XL dll
b.      Pengukuran yang dilakukan untuk menguji sesuatu. Contoh mengukur daya tahan lampu, mesin AC dll
c.       Pengukuran untuk menilai yang dilakukan dengan jalan menguji sesuatu. Contoh mengukur kemajuan belajar peserta didik dalam rangka mengisi nilai raport yang dilakukan untuk menguji mereka dalam bentuk tes hasil belajar.
B.                 Pelaksanaan penilaian itu dilaksanakan berdasar 2 golongan
a.       Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilaksanakan ditengah-tengah pada saat berlangsungnya proses pembelajaran .
b.      Evaluasi sumatif adalah evaluasi yang dilaksanakan setelah sekumpulan program pembelajaran selesai diberikan ( berakhir) dalam arti seluruh unit pelajaran selesai diajarkan
1

SOAL 2
Bagaimanakah hubungan antara tujuan pendidikan, proses pembelajaran dengan prosedur evaluasi ? dapatkah salah satunya ditinggalkan atau berdiri sendiri dalam proses pembelajaran dan mengapa evaluasi perlu dilaksanakan dalam proses pendidikan ?

JAWAB
A.           Baik tujuan pendidikan, proses pembelajaran dengan prosedur evaluasi, semuanya tidak dapat ditinggalkan salah satunya karena saling keterkaitan. Selain itu dalam proses penilaian perlu dilakukan perbandingan antara informasi-informasi yang telah berhasil dihimpun dengan kriteria tertentu, untuk kemudian diambil keputusan atau dirumuskan kebijakan tertentu, Kriteria atau tolak ukur yang dipegangi tidak lain adalah tujuan yang sudah ditentukan terlebih dahulu sebelum kegiatan pendidikan itu dilaksanakan. Tujuan pendidikan yang telah ditentukan adalah sebagai hasil dari FEED BACK beberapa proses pembelajaran dan prosedur evaluasi dengan tujuan dan sasaran dalam menyempurnakan program pendidikan itu sendiri.

B.            Evaluasi perlu dilaksanakan dalam proses pendidikan dengan 3 alasan
1.    Evaluasi pendidikan yang dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan kebutuhan psikologis peserta didik.
2.    Evaluasi pendidikan yang dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan- kebutuhan didaktik.
3.    Evaluasi pendidikan yang dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan kebutuhan administrative baik lingkungan internal maupun eksternal.












2
 SOAL 3

Jika dilihat proses dan langkahnya penilaian atau evaluasi mirip dengan penelitian. Apakah diantaranya memiliki perbedaan yang prinsip, jika ada coba jelaskan ?

JAWAB

Sekalipun antara penilaian dan penelitian terdapat kesamaan yaitu dari segi tahapan atau langkah-langkah pelaksanaannya, yaitu diawali dengan perencanaan, pengumpulan data, pengolahan, analisis dan interpretasi namun keduanya ada perbedaan yang bersifat mendasar yaitu :

1.    Dasar berpijaknya
Penilaian     : 
Senantiasa mendasarkan diri pada suatu kriteria ( tolak ukur )
Penelitian    : 
belum tentu mendasarkan diri pada kriteria

2.    Tujuannya
Penilaian   :
Bukan untuk menemukan dalil atau teori atau menarik kesimpulan melainkan untuk menentukan nilai dari sesuatu atas dasar kriteria ( tolak ukur ) yang telah ditentukan.
Penelitian  :
untuk menemukan dalil atau teori atau menarik kesimpulan yang berlaku  umum.

3.    Temanya
Penilaian   :
Melakukan pengukuran untuk memperoleh data yang akan dibandingkan dengan kriteria yang ada, memberikan ainterpretasi terhadap data hasil pengukuran, menentukan pendapat dan mengambilkeputusan. Orientasinya adalah Decision Oriented.

Penelitian   :
Pengukurannya untuk menemukan dalil atau memberikan interpretasi dan menarik hasil penelitian dan membuat prediksi ( jauh lebih kepada penyimpulan )
    3
SOAL 4

Jelaskan fungsi dan kegunaan evaluasi bagi peserta didik, guru, sekolah dan masyarakat “ konsumen “ pendidikan

JAWAB

1.    Bagi Peserta Didik
Secara didaktik evaluasi pendidikan akan dapat memberikan dorongan ( motivasi ) kepada mereka untuk dapat memperbaiki, meningkatkan, dan mempertahankan prestasinya pada masa-masa yang akan datang. Jika nilai hasil pretasinya rendah maka siswa terdorong untuk memperbaikinya. Selain itu evaluasi pendidikan secara psikologis akan memberikan pedoman bathin kepada mereka untuk mengenal kapasitas dan status dirinya masing- masing ditengah-tengah kelasnya.

2.    Bagi Pendidik ( Guru )
Evaluasi pendidikan akan memberikan kepastian atau ketetapan  hati kepada diri pendidik tersebut, sudah sejauh manakah kiranya usaha yang telah dilakukan selama ini membawa hasil atau tidak. Sehingga ia secara psikologis memiliki pedoman atau pegangan batin yang pasti guna menentukan langkah-langkah apa saja yang dipandang perlu dilakukan selanjutnya. Misalnya dengan metode- metode tertentu hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan daya serap atau sebaliknya. Apabila hasil-hasil belajar siswa ternyata tidak menggembirakan maka pendidik berusaha untuk diadakan perbaikan-perbaikan hingga hasil belajar siswa menjadi lebih baik.

3.    Bagi Sekolah dan Masyarakat
Dengan melakukan evaluasi akan dapat disusun dan disajikan laporan mengenai kemajuan dan perkembangan peserta didik setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu. Kemudian sekolah dan masyarakat akan dapat memberikan bahan-bahan keterangan (data) yang sangat penting untuk keperluan pengambilan keputusan pendidikan dan lembaga pendidikan . Selain itu akan dapat dijadikan gambaran mengenai hasil hasil yang telah dicapai dalam proses pembelajaran.  

4


Tidak ada komentar:

Posting Komentar